Warta Ekonomi: Didukung Zimbra, Datacomm Perkenalkan Cloudciti Enterprise Email Service

Warta Ekonomi: Didukung Zimbra, Datacomm Perkenalkan Cloudciti Enterprise Email Service
  • 20 November 2015

WE Online, Jakarta – PT. Datacomm Diangraha (Datacomm), perusahaan penyedia layanan teknologi network untuk berbagai industri di Indonesia melakukan partnership dengan Zimbra, produk dari Synacor, untuk layanan Cloudciti Enterprise Email Service (CEES), layanan hosting email untuk pasar Indonesia.Cloudciti Enterprise Email Service

President Director Datacomm, Tan Wie Tjin dalam keterangan tertulisnya mengatkan, “Bersama Zimbra bisnis di Indonesia mendapat akses ke komunitas open source yang penuh semangat dan gairah.”

Sememntara itu Marcus Teo, Regional Vice President and General Manager, Zimbra. Menyambut baik kerjasama kedua perusahaan ini dan menjamin akan menyediakan akses yang lebih besar ke Zimbra, produk dari Synacor, terutama untuk organisasi yang menghargai manfaat solusi kolaborasi yang dibangun di platform terbuka yang luas dan memiliki standar.

Di masa sekarang dan kedepanya Email Bisnis, merupakan pasar yang Menjanjikan, menurut Email Statistics Report dari Radicati Group, menyebutkan jumlah akun email bisnis diperkirakan akan tumbuh dengan tingkat rata-rata per tahun sekitar 5% dalam 4 tahun ke depan, dan akan mencapai lebih dari 1.1 miliar pada akhir tahun 2015 (23% dari akun email sedunia).

“Laporan Radicati Group itu memperlihatkan pada tahun 2017 jumlah email bisnis yang dikirim dan diterima akan meningkat 7% dari angka pada tahun 2013 (100.5 miliar) menjadi 132.1 miliar, sebaliknya jumlah email consumer yang dikirim dan diterima per hari akan memperlihatkan penurunan -4% (dari angka pada tahun 2013 yaitu 82.4 miliar) menjadi 74.5 miliar. Ada peralihan dari pengguna email consumer yang memilih berbagai aplikasi pengiriman pesan yang lain, seperti mobile IM dan pengiriman pesan yang ada di social network,” ujar Sutedjo Tjahjadi, Managing Director Datacomm Cloud Business yang mendampingi Marcus Teo, Kamis (19/11)

Di Indonesia email memainkan peran penting untuk komunikasi bisnis-ke-bisnis. “Mayoritas bisnis di Indonesia menggunakan solusi email yang terlalu mahal dan rumit untuk dikelola atau pada akhirnya mereka memilih untuk menggunakan solusi email level consumer yang umumnya memiliki kekurangan dalam hal security dan service level aggrement (SLA),” terang Sutedjo

Sutedjo menjelaskan, Riset ODIN tahun 2015 dengan judul “SMB Cloud Insight” mengungkap keanekaragaman UKM di Indonesia. ternyata 80% UKM tidak menggunakan email, 12% menggunaan layanan bebas biaya, 7% menggunakan layanan hosting email dari penyedia layanan, dan 1% menggunakan email di in-house server,” kata Sutedjo. “ Para responden yang menggunakan hosting email melihat keuntungan dari email bisnis berbayar dari sisi security (89%), fungsi kalendar (72%) dan archiving (48%). Walau saat ini masih kecil, peluang di segmen UKM terbuka lebar karena mereka akan berkembangk, kebutuhan terhadap security yang lebih baik, dan lebih professional. Riset ODIN 2015 mendapati 30% UKM yang menjadi responden penelitian mereka, berencana untuk menambahkan layanan hosting email berbayar dalam tiga tahun ke depan,” tambah Sutedjo.

Untuk memberikan layana prima Datacomm telah menyediakan solusi Cloudciti Enterprise Email Service (CEES) yakni layanan email berbasis cloud yang dikelola oleh Datacomm Cloud Business. Dengan jaminan availability 99,9%, adanya credit service dan didukung oleh Zimbra, produk dari Synacor. Ada 3 paket yang ditawarkan yakni, paket Business Plus Edition (Rp27.000/5 GB), Standar Edition (Rp42.000/ 10 GB) dan paket Profesional Edition (Rp59.000/50 GB).

Sumber: Warta Ekonomi