Bidik Perbankan dan Retail, Datacomm Perkenalkan Dua Solusi Baru Berbasis Cloud

Datacomm Cloud Business, unit bisnis PT Datacomm Diangraha, kemarin (19/2) memperkenalkan dua solusi berbasis cloud barunya yaitu Cloudciti Backup-as-a-Services (BaaS) dan Cloudciti Enterprise Mobility Management-as-a-Services (CEMM) di Graha Datacomm, Jakarta. Langkah ini diambil sebagai upaya menghadapi tren cloud dan BringYour Own Device (BYOD) yang terus tumbuh. Potensi pasar yang dilirik adalah industri perbankan dan retail dengan migas dan healthcare yang ikut dipertimbangkan.

Kehadiran dua solusi baru berbasis cloud dari Datacomm yang diperkenalkan kemarin tak lepas dari kerja sama strategis yang terjalin dengan Citrix XenMobile (Citrix) dan Acronis Indonesia (Acronis). Citrix memberikan dukungan untuk solusi CEMM. Sedangkan Acronis memberikan dukungan untuk solusi BaaS dari Datacomm

Managing Director Datacomm Cloud Business Sutedjo Tjahjadi menyampaikan, “Apa yang kami lakukan bertiga ini (Datacomm, Acronis, dan Citrix) secara spesifik ada di ranah enterprise mobility yang menawarkan hal-hal baru pada pasar. Kami tahu bahwa enterprise mobility saat ini tidak bisa dihindari lagi, [terutama] seiring dengan perusahaan dan organisasi yang menerapkan kebijakan BYOD dan teknologi mobility.”

“Hari ini kami memperkenalkan solusi CEMM dan BaaS. Kedua solusi berbasis cloud ini akan memberikan manfaat kelincahan, kemudahan pengelolaan, keandalan, serta jaminan keamanan untuk pelanggan,” tambah Sutedjo.

Sutedjo juga menyebutkan bahwa kedua solusi baru dari Datacomm ini sangat berpotensi untuk digunakan dalam industri perbankan dan retail. Di sisi perbankan, solusi Datacomm ini dinilai dapat memberikan keamanan data yang dibutuhkan. Sedangkan di sisi retail, dinilai dapat membantu dalam pengelolaan inventori, meningkatkan pengalaman berbelanja, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Selain perbankan dan retail, industri migas (minyak bumi dan gas) dan healthcare juga menjadi pertimbangan pasar yang potensial.

CEMM dan BaaS
CEMM yang didukung oleh teknologi Citrix XenMobile didefinisikan oleh Datacomm sebagai solusi cloud Enterprise Mobility Management (EMM) multi-platform (Android, iOS, Windows phone) yang akan memberikan bisnis mobile device management (MDM), mobile application management (MAM), standar keamanan, dan kemampuan self-service bagi pengguna.

Secara sederhana, CEMM akan menjadi wadah dari aplikasi yang digunakan oleh perusahaan secara internal. Datacomm menjamin bahwa segala transaksi data dalam CEMM tidak dapat dibawa keluar oleh pengguna akhir. Selain itu pihak perusahaan juga diberikan keluasaan untuk mengatur policy. CEMM sendiri sudah tersedia dalam dua layanan, yakni by Feature dan by Delivery Model.

Country Manager Citrix System Inc. Indonesia Hans Utomo menyampaikan, “Bersama Datacomm, Citrix menyediakan sebuah solusi sehingga bisnis dapat memanfaatkan kekuatan cloud untuk mengelola dan melindungi perangkat mobile, aplikasi dan data, serta memberikan kebebasan untuk merasakan bekerja. […] Pengguna akan menikmati akses-tunggal kepada seluruh perangkat mobile, web, dan aplikasi mereka [lewan CEMM].”

Lain CEMM lain lagi BaaS yang didukung oleh teknologi Acronis. BaaS didefinisikan Datacomm sebagai solusi pemulihan bencana untuk semua data, setiap saat, dan dimana saja. Solusi ini memberdayakan solusi Cloudciti Infrastucture-as-a-Service yang dimiliki Datacomm dan bekerja menggunakan Cloudciti secure software-defined storage dengan desain tier-3 yang diklaim telah memenuhi standar SSAE 16.

Datacomm menjanjikan solusi BaaS ini akan dapat melakukan backup dan pemulihan disk, partisi, server, dan data ke dalam Cloudciti storage. Fitur smart backup yang tersedia juga diklaim dapat mengurangi konsumsi network dan biaya storage.

Terkait dengan harga, Datacomm membuka harga mulai dari Rp 500 ribu per bulan untuk layanan BaaS dengan kuota kapasitas penyimpanan 100 GB. Biaya tambahan akan dikenakan sebesar Rp 5000 per GB yang dibutuhkan.

Country Manager Acronis Indonesia Rudi Rangkuti mengatakan, “ Keberhasilan kerja sama antara Acronis dan Datacomm memperlihatkan […] komitmen kami untuk memimpin industri di wilayah ini. Kami bangga dapat bekerja sama dengan Datacomm dan mendukung mereka dalam membangun bisnis backup datanya dan produk keamanan data lainnya yang didukung oleh teknologi yang dikembangkan oleh Acronis.”

Sebelumnya, Datacomm juga telah terlibat sebagai inisiator Gerakan Indonesia Smart Nation bersama Indosat dan Citiasia Inc. untuk bersama-sama bersinergi membangun daerah percontohan Smart Region (Smart City) di Indonesia.

Sumber: DailySocial.id

GRHA Datacomm
Jl. Kapten Tendean 18A Jakarta 12790
Indonesia
+6221 2997 9898
+6221 2997 9797
sales@datacomm.co.id