Cloud Datacomm Bidik Perbankan dan Ritel

Cloud Datacomm Bidik Perbankan dan Ritel
  • Februari 29, 2016

Jakarta – Datacomm Cloud Business, unit bisnis Datacomm Diangraha memperkenalkan dua solusi ‘awannya’: Cloudciti Backup-as-a-Service (BaaS) dan Cloudciti Enterprise Mobility Management (CEMM).

BaaS diklaim sebagai solusi backup data yang aman dan dapat memenuhi skalabilitas yang didukung oleh Acronis AnyData Engine. Sedangkan CEMM disebut sebagai solusi untuk mengelola aplikasi, data dan layanan mobile yang didukung oleh Citrix XenMobile.

Fenomena BYOD yang terus berkembang dinilai mengharuskan bisnis menggunakan solusi yang mudah dalam penggelaran dan pengelolaannya, tidak memerlukan biaya uang muka yang besar, dan dapat memenuhi kebutuhan mereka tanpa mengorbankan persyaratan keamanan data perusahaan. Solusinya, dengan menggunakan pengelolaan data dan mobility yang dihantarkan dengan teknologi cloud computing

Nah, bagi kedua solusinya tersebut, industri perbankan, ritel, oil & gas, healthcare Indonesia jadi pasaryang dituju Datacomm dalam menjajakan produknya.

Sebagai gambaran, industri perbankan di Indonesia sudah menyediakan layanan mobile banking yang berkembang saat cepat. Bukan hanya nasabah yang menginginkan akses ke data perbankan mereka dari mana saja dan dari segala jenis perangkat, para karyawan bank juga menginginkan hal yang sama. Serta dengan gencarnya program layanan keuangan tanpa kantor yang dilakukan kalangan perbankan.

Industri ritel juga dikatakan dapat menggunakan solusi ini untuk pengelolaan inventori, meningkatkan pengalaman berbelanja dan meningkatkan kepuasan pelanggannya. Juga semakin banyaknya jaringan ritel baru yang membuka atau menambah cabangnya di Indonesia.

Datacomm memiliki infrastruktur pusat data milik sendiri yang berlokasi di dalam negeri sehingga diklaim lebih gesit dalam hal network latency yang akan memperbaiki waktu respons.

Serta untuk mematuhi peraturan pemerintah Indonesia bagi penggunaan jasa cloud computing seperti Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE) tentang ketentuan mengenai Pusat Data dan Pusat Pemulihan Bencana dan Peraturan Bank Indonesia Nomor 9/15/PBI Tahun 2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi oleh Bank Umum.

“Seiring dengan perusahaan dan organisasi yang menerapkan kebijakan BYOD dan teknologi mobility, kami menyediakan solusi Cloudciti Backup-as-a-Service (BaaS) dan Cloudciti Enterprise Mobility Management (CEMM). Kedua solusi berbasis cloud ini akan memberikan manfaat kelincahan, kemudahan pengelolaan, keandalan serta jaminan keamanan untuk pelanggan,” kata Sutedjo Tjahjadi, Managing Director Datacomm Cloud Business, dalam keterangannya, Senin (29/2/2016).

Cloudciti Backup as a Service (BaaS) yang didukung oleh Acronis AnyData Engine adalah solusi backup dan pemulihan bencana. Solusi ini bekerja menggunakan Cloudciti secure software-defined storage yang berlokasi dalam pusat data remote, dengan desain tier-3 dan memenuhi standar SSAE 16.

Solusi ini akan mem-backup disk, partisi, server, dan data ke dalam Cloudciti storage, memulihkan semuanya dengan cepat dan mudah – file, folder, aplikasi, atau seluruh sistem.

Sementara Cloudciti Enterprise Mobility Management (CEMM) yang didukung oleh Citrix XenMobile merupakan solusi cloud Enterprise Mobility Management (EMM) multi-platform untuk bisnis mobile device management (MDM), mobile application management (MAM), standar keamanan, dan kemampuan self-service bagi pengguna

Sumber: Detik.com