Komitmen Datacomm Dukung Transformasi Digital di Sektor Energi dalam Raker TI SKK Migas-KKKS 2024

PT Datacomm Diangraha hadir di acara Rapat Kerja Teknologi Informasi (Raker TI) Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) di Mulia Resort Nusa Dua, Bali. Hal ini menjadi sebagai wujud komitmen komitmen perusahaan dalam mendukung transformasi digital di sektor energy.

Dengan tema “Penerapan Artificial Intelligence (AI) dan Pengamanan Infrastruktur Informasi Vital untuk Mendukung Pencapaian Target Hulu Migas,” acara ini bertujuan meningkatkan efisiensi operasional serta keamanan data di sektor migas. Datacomm memperkenalkan dua produk andalannya, DCloud dan DTrust, yang diharapkan dapat mendukung tujuan acara tersebut.

Pemanfaatan teknologi informasi di sektor hulu migas mengalami perkembangan yang signifikan. Sejumlah KKKS telah mengadopsi teknologi AI dan Operational Technology (OT), yang terbukti efektif dalam berbagai hal, seperti meningkatkan potensi penemuan cadangan baru, mencegah terjadinya Lost Production Opportunity (LPO), serta meningkatkan dan menjaga aspek Health, Safety, and Environment (HSE).

Datacomm menawarkan layanan DCloud yang mencakup penyediaan infrastruktur cloud yang terkelola dan lokal. DCloud sendiri telah memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri atau TKDN yang merupakan komponen dalam negeri pada barang, jasa dan gabungan barang dan jasa.

Leo Kusumo selaku Cloud Product Manager dari Datacomm mengatakan semua produk layanan DCloud bisa mendukung industri migas. “Terutama dalam mengurangi biaya investasi sendiri dan kepatuhan terhadap cloud yang ber-TKDN tinggi,” ungkapnya.

DCloud memberikan kepastian biaya operasional, keandalan, kepatuhan pada kedaulatan data, solusi yang dapat disesuaikan kebutuhan, didukung layanan terkelola yang humanis dan cepat tanggap.  “Industri migas dapat fokus pada bisnis utamanya,” kata Leo.

Selain itu, fitur Backup dan Disaster Recovery DCloud dapat mendukung mitigasi di industri ketika terjadi bencana sehingga mampu meminimalisir kerugian yang tidak diinginkan.

Per 7 Desember 2017, terhitung ada sekitar 77 perusahaan tergabung dalam KKKS. Datacomm saat ini sudah memiliki kontrak pekerjaan dengan dua perusahaan, yaitu, Premier Oil Tuna B.V dan Kangean Energy Indonesia Ltd.

Layanan Centralized Integrated Vendor Database (CIVD) serta Indonesian Oil and Gas (IOG) e-Commerce SKK Migas telah menggunakan infrastruktur cloud dan security dari Datacomm. Selain menekan biaya pengadaan barang dan jasa, platform tersebut akan memudahkan KKKS dalam pengadaan barang dan jasa serta memperluas pangsa pasar vendor.

Leo mengatakan Datacomm mampu menyediakan layanan publik cloud DCloud sekaligus security DTrust dan AI dalam satu kesatuan yang belum tentu dimiliki oleh penyedia layanan serupa lainnya.

Untuk lanskap cyber security, Datacomm menghadirkan DTrust, layanan keamanan siber terkelola berbasis cloud yang menyediakan perlindungan dari jaringan hingga endpoint.

DTrust juga menawarkan layanan Managed Detection and Response untuk pencegahan dan penanganan insiden keamanan. “DTrust memastikan pengelolaan insiden dan tindakan remediasi yang tepat,” ucap Andi Hendra Gunawan sebagai MSSP Technical Solutions Manager Datacomm.

Rapat kerja TI ini berlangsung dari tanggal dari 12-14 Juni 2024. Melalui kolaborasi yang kuat antara SKK Migas, KKKS, dan penyedia layanan teknologi, diharapkan industri hulu migas Indonesia dapat terus berkembang dan memberikan manfaat optimal.

GRHA Datacomm
Jl. Kapten Tendean 18A Jakarta 12790
Indonesia
+6221 2997 9898
+6221 2997 9797
sales@datacomm.co.id