Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2015

Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2015
  • Oktober 20, 2015

Jakarta, 20 Oktober 2015 – 45 daerah (provinsi, kabupaten, kota) peraih nominasi Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2015 – termasuk 9 daerah peraih indeks terbaik – akan mendapat dukungan teknologi dan pendampingan Smart Region (Smart City).

Untuk mewujudkan Daerah Pintar (Smart Region) bagi provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia, terlebih dahulu harus dibangun Kesiapan Daerah Pintar atau Smart Region Readiness diantaranya dengan membangun dan mengembangkan infrastruktur fisik, digital (ICT), dan sosial. Perubahan perilaku masyarakat baik pribadi maupun lembaga akibat penggunaan teknologi digital menjadikan aspek infrastruktur ICT sangat penting bagi pemerintah daerah, terutama untuk mendukung efektifitas komunikasi daerah. Oleh karenanya Indosat bersama Datacomm dan Citiasia, Inc. berkomitmen melakukan pendampingan dalam menyiapkan dukungan teknologi ICT daerah menuju Smart Region.

Dukungan teknologi tersebut diantaranya akan diberikan oleh Datacomm berupa Secure Email Service (Sepadan) dan Secure Mobile Collaboration (Si Cergas). Datacomm merupakan salah satu penyedia layanan jaringan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Sepadan akan diberikan kepada 50 akun selama 1 tahun lengkap dengan fasilitas cloud storage. Sedangkan Si Cergas akan diberikan dalam bentuk layanan secure text messaging, secure VoIP call, dan secure walkie-talkie selama satu tahun penuh. Ini adalah bagian dari komitmen Datacomm untuk membantu mewujudkan Smart Region atau Smart City di Indonesia. Layanan ini akan diberikan secara gratis kepada 45 daerah peraih nominasi ISNA 2015.

Managing Director Datacomm Cloud Business, Sutedjo Tjahjadi pada kesempatan ini mengatakan bahwa melalui layanan Sepadan dan Si Cergas menjadikan pemerintah daerah lebih nyaman, aman, dan efisien dalam berkomunikasi baik diantara staff internal maupun dengan pihak eksternal ketika membicarakan hal-hal yang bersifat rahasia bagi pemerintah. Datacomm juga ingin mengedukasi kepada pemerintah daerah agar memanfaatkan server di dalam negeri ketika berkomunikasi digital untuk berkomunikasi agar lebih aman terhadap risiko eksternal.

Dukungan lainnya akan diberikan oleh Indosat, bagian dari Grup Oreedoo, sebagai business partner Citiasia pada ISNA 2015 yakni fasilitas layanan online Pemerintah Daerah melalui internet.org. Fasilitas ini akan diberikan secara gratis kepada 45 daerah nominasi ISNA 2015. Melalui layanan ini, pemerintah daerah akan mendapatkan beberapa aplikasi yang mendukung pelaksanaan Smart Region secara cuma-cuma. Group Head Major & Strategic Account Indosat, Feby Sallyanto menegaskan, “Melalui layanan internet.org memungkinkan masyarakat untuk mengakses konten layanan yang diberikan oleh Pemda secara cuma-cuma”. Khusus kepada 9 daerah peraih Gold Trophy ISNA 2015, Indosat akan memberikan paket layanan CUG (close user group) yang memfasilitasi kepala daerah dan aparat pemda untuk berkomunikasi menggunakan telepon genggam tanpa biaya selama satu tahun penuh. Kami berharap fasilitas tersebut bisa mempermudah kerja birokrasi selain mendekatkan layanan kepada masyarakat.”

Sejalan dengan itu, CEO Citiasia Farid Subkhan menyampaikan, “Kami memahami bahwa Smart Region termasuk Smart City tidak hanya terkait teknologi telekomunikasi, akan tetapi teknologi telekomunikasi atau ICT merupakan salah satu enabler utama dalam mewujudkan Smart Region (Smart City), dengan semakin mudahnya masyarakat mengakses layanan yang diberikan oleh pemerintahnya melalui teknologi telekomunikasi, maka Smart Region akan semakin cepat terwujud”. Sebagai bagian dari komitmen untuk mendorong terwujudnya Smart Region di berbagai daerah di Indonesia, melalui Citiasia Center for Smart Nation, Citiasia juga akan menjadikan 45 daerah penerima ISNA 2015 sebagai daerah percontohan penggunaan digital community based economy yang akan membantu mempercepat akselerasi pertumbuhan ekonomi masyarakat berbasis komunitas digital melalui aplikasi khusus yang dikembangkan oleh Citiasia.

Adapun sebagai tindak lanjut dari ISNA 2015 ini Indosat bersama Citiasia juga berkomitmen untuk melakukan piloting implementasi Smart Region secara lebih menyeluruh ke dua daerah. Daerah akan dipilih mewakili kota dan kabupaten di Indonesia. Daerah yang tidak masuk nominasi ISNA 2015 juga diberikan kesempatan untuk mengajukan diri menjadi tempat untuk piloting Smart Region dengan memenuhi syarat tertentu.

Penganugerahan Penghargaan ISNA 2015 dilaksanakan pada Selasa, 20 Oktober 2015 bertempat di Hotel JS Luwansa, Jakarta. Penghargaan ISNA 2015 diberikan langsung oleh Ketua DPD RI, Bapak Irman Gusman dan Sekretaris Jenderal Menteri Dalam Negeri, Bapak Yuswandi A. Temenggung. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara Indosat, Datacomm Diangraha dan Citiasia, Inc. sebagai inisiator Gerakan Indonesia Smart Nation untuk bersama-sama bersinergi membangun daerah percontohan Smart Region (Smart City) di Indonesia.