Penyelenggaraan Webinar Ransomware Disambut Antusiasme Masyarakat

Dari tahun ke tahun, serangan ransomware mengalami peningkatan. Tak hanya itu, variasi serangan ransomware pun semakin beragam dan canggih, menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. 

Kasus-kasus pencurian dan pembocoran data menjadi tantangan sendiri bagi bisnis dan perusahaan. Jika tidak awas dan cekatan dalam implementasi keamanan, siapa saja dapat menjadi sasaran. 

Sebagai penyedia layanan cloud yang berkomitmen melindungi pelanggan, DCloud menyadari pentingnya edukasi mengenai serangan ransomware dan praktik-praktik keamanan yang dapat dilakukan untuk memitigasinya. 

Maka dari itu, pada Selasa, 15 Agustus 2023, DCloud menyelenggarakan webinar yang berjudul “Solusi Backup Cerdas Melawan Ransomware” melalui platform Zoom. Webinar ini terbuka bagi masyarakat umum, dan dihadiri oleh lebih dari seratus peserta dari berbagai macam kalangan, termasuk dari instansi swasta, profesional IT, dan mahasiswa. 

Dalam webinar ini, dua pakar keamanan TI dan cloud dari PT Datacomm Diangraha, yakni Louis Lukito sebagai Cloud Product Manager dan Andi Hendra Gunawan sebagai Security Operation Consultant, berbagi tentang bagaimana melindungi data dari ransomware. 

Acara dimulai dengan pembukaan dan perkenalan host dan pembicara. Untuk webinar kali ini, acara dibawakan oleh Agita Ayu Tiara dan Intan Riskina Ichsan dari Creative Development DevOps. 

Moderator dalam webinar Solusi Backup Cerdas Melawan Ransomware
Agita Ayu dan Intan Riskina sebagai moderator webinar Solusi Backup Cerdas Melawan Ransomware

Selanjutnya, Andi Hendra Gunawan sebagai pembicara pertama memaparkan materi tentang apa itu ransomware, jenis-jenis ransomware, insiden-insiden serangan terdahulu, serta tindakan-tindakan mitigasi dan remediasinya. 

Hendra menyatakan kegiatan backup menjadi hal yang penting untuk prevensi kehilangan data dalam menghadapi serangan ransomware.

Setelah pemaparan dari Hendra, acara dilanjutkan dengan presentasi materi dari Louis Lukito. Beliau menjelaskan tentang proteksi data yang sesuai standar industri dan bagaimana DBackup, layanan backup DCloud, dapat membantu pengguna memitigasi kehilangan atau kerusakan data karena serangan ransomware. 

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab pertanyaan. Pada sesi ini, pertanyaan terbaik dapat memenangkan hadiah voucher DCloud sebanyak Rp500.000. Andi Hendra Gunawan dan Louis Lukito bergantian menjawab pertanyaan seperti, “Apa yang harus kita lakukan untuk meminimalisir dampak serangan ransomware?” dan “Apa yang harus kita lakukan jika sudah terkena ransomware?”

Setelah sesi tanya jawab, kedua host menutup rangkaian acara webinar. Namun sebelum mengakhiri webinar, mereka mengajak hadirin untuk bermain game quiz Kahoot berhadiah saldo OVO. Harapannya, quiz yang dimainkan dapat me-refresh ingatan hadirin akan materi yang telah dibawakan oleh kedua pembicara.

Leave a Comment

GRHA Datacomm
Jl. Kapten Tendean 18A Jakarta 12790
Indonesia
+6221 2997 9898
+6221 2997 9797
sales@datacomm.co.id