Kunjungan Industri Telkom University: Mengenal Lebih Jauh PT. Datacomm Diangraha dengan Berbagi Pengalaman

Agenda kunjungan industri kembali dilaksanakan ke PT. Datacomm Diangraha. Di penghunjung 2022 ini, giliran Program Studi D3 Teknologi Telekomunikasi Telkom University yang melaksanakan kunjungan. Acara berlangsung pada hari Kamis, 8 Desember 2022 di Function Hall Grha Datacomm, Tendean, Jakarta Selatan. Rombongan tiba pada pkl. 09.00 WIB. Diharapkan dengan adanya kunjungan ini bisa saling mengenal teknis, kultur dan pengalaman kerja di Datacomm.

Acara dibuka pkl. 09.30 WIB dengan games dari tim HRD Datacomm untuk mengembalikan semangat peserta yang telah melewati 4 jam perjalanan dari Bandung. Total ada 42 orang peserta yang hadir, diantaranya; dua dosen pembimbing serta 40 mahasiswa yang antusias mengenal lebih jauh seluk beluk di PT. Datacomm Diangrha.

Pada kunjungan industri kali ini akan disampaikan tiga materi presentasi: Produk Komputasi Awan DCloud, Cyber Security dan Human Resources Development. Ketiga materi tersebut disampaikan berurutan oleh Bapak Leo Kusumo sebagai Manager DCloud. Cyber security oleh Bapak Haikal Azaim (Manger SOC Datacomm). Serta sesi Human Resources disampaikan oleh manager HRD Ibu Ajeng Anindita.

Pada sesi pertama mengenai produk komputasi awan DCloud, Bapak Leo Kusumo menjelaskan pelbagai layanan dari produk komputasi awan DCloud. Mulai dari mesin virtual DCloud, penyimpanan DBlock, hingga yang tidak kalah penting DBackup & DRecover untuk. Pada sesi ini dosen dari Telkom University juga menyampaikan bahwa pada kurikulum prodi Teknologi Telekomunikasi ada juga mata kuliah mengenai komputasi awan yang serupa dengan produk komputasi awan DCloud milik Datacomm, yang memungkinkan untuk ke depannya Telkom University bisa bekerjasama dengan beragam produk dan layanan DCloud dalam pembelajaran komputasi awan pada para mahasiswa.

Di sesi Keamanan Siber (Cyber Security), peserta diarahkan oleh Mas Haikal Azaim yang juga seorang alumni Telkom University bagaimana sebaiknya alur yang baik ketika memilih beberapa cabang mengenai keamanan TI. “Tentukan minat kalian dulu dan ikuti sertifikasi. Itu akan sangat membantu keahilan kalian saat kerja dan jadi pertimbangan perusahaan,” jawab Haikal menjawab salah satu pertanyaan dari peserta soal langkah awal bagi mereka tertarik bekerja di bidang keamanan TI.

Pemateri terakhir Ibu Ajeng Anindita (HRD Manager) menjelaskan mengenai alur dan kultur kerja di Datacomm.

Untuk sesi terakhir yaitu Human Resources, mahasiswa dari Telkom University dikenalkan dengan fasilitas dan kultur kerja di Datacomm. Umumnya, peserta tertarik mengenai informasi magang di Datacomm. “Kami menerima magang minimal untuk durasi 6-12 bulan atau lebih,” ucap Ibu Ajeng Anindita. Menurutnya, jika di bawah waktu tersebut, dikhawatirkan para coop (sebutan untuk mahasiswa yang magang di Datacomm) belum mampu menerima manfaat magang karena waktunya terlalu singkat. Ibu Ajeng juga menjelaskan mengenai informasi proses rekrutmen magang. Diharapkan ke depannya bisa melanjutkan kerja sama dengan pihak Telkom University terkait rekrutmen magang.

Sesi berbagi pengalaman dari mahasiswa magang Telkom University M. Akmal & Rafli Zidan.

Selain pemaparan materi, ada sesi berbagi pengalaman magang dari dua Coop Datacomm yang juga masih terdaftar sebagai mahasiswa Telkom University. Mereka adalah M. Akmal dan Rafli Zidan. Keduanya berbagi pengalaman mengenai suka duka magang di datacomm. “Paling menarik, ya, ada pengalaman horror ketika di lapangan,” ucap Rafli sambil tertawa ketika menjawab pengalaman menarik magang.

Peserta lalu diajak berkeliling menuju Data Center Datacomm. Dibantu Bapak Budi Setiaji dan Bapak Yasin Asyur selaku tim Asset Datacomm, para peserta diberikan penjelasan mengenai fasilitas, aturan, serta suasana di lokasi data center. Kembali ke Function Hall, peserta dipersilakan untuk membagikan pengalaman singkat kunjungan industry ke Datacomm. Penyampaian kesan ini diwakili oleh perwakilan dari mahasiswa dan dosen. Sebelum berakhir, PT Datacomm dan Telkom University saling bertukar cinderamata dan acara resmi ditutup dengan foto bersama.

Foto bersama tim Datacomm dengan mahasiswa Telkom University

Leave a Comment

GRHA Datacomm
Jl. Kapten Tendean 18A Jakarta 12790
Indonesia
+6221 2997 9898
+6221 2997 9797
sales@datacomm.co.id